Cegah Kegemukan Dengan 1 Buah Apel

84

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar pepatah “An apple a day keeps the doctor away”. Namun tahukah kamu, ternyata pepatah tersebut memang diklaim benar secara ilmiah. Buah apel sangat kaya akan nutrisi dan juga vitamin sehingga bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Namun ternyata apel tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat bahkan diklaim bisa mencegah kegemukan hingga obesitas.

Study yang dilakukan di Washington State University mengungkapkan jika zat didalam buah apel bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan obesitas. Hasil dari penelitian tersebut sudah di terbitkan dalam jurnal ilmiah Food Chemistry.

Seperti yang diungkapkan oleh ahli makanan, Giuliana Noratto, sebagaimana dikutip oleh Science Daily, menyebutkan jika buah apel merupakan sumber yang baik untuk bisa memenuhi berbagai macam nutrisi. Dan hasil studi yang dilakukan memperlihatkan jika Apel juga bisa membantu untuk melawan obesitas.”ucapnya”

Lebih jelas lagi, hasil penelitan tersebut didapatkan dengan mengamati apel jenis Granny Smith. Dalam apel jenis tersebut memiliki zat yang bisa membantu pertumbuhan bakteri baik didalam usus sebab dalam buah apel mengandung serat alami dan polifenol, serta rendah karbohidrat. karena tak mudah terurai, zat ini bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Informasi cara mewujudkan masyarakat GERMAS dengan makan buah dan sayur
Rajin makan buah dan sayur – GERMAS

Setelah melihat apa saja manfaat apel tadi, masih juga berpikir tidak perlu buah-buahan? Padahal dalam buah terdapat kandungan vitamin yang banyaknya luar biasa, dengan rajin makan buah dan sayuran setiap hari berarti kamu juga turut mendukung program pemerintah dalam upaya mewujudkan masyarakat GERMAS. Apa itu GERMAS?

GERMAS merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Ditpromkes) yang berisi dari tiga jenis aktivitas GERMAS utama yaitu:

  • Melakukan aktivitas fisik sekurangnya 30 menit setiap hari
  • Memakan buah dan sayuran dalam setiap waktu makan
  • Rutin melakukan cek kesehatan

Comments