Cegah Gagal Jantung Wantia Lansia dengan Berjalan Kaki

24

Setiap orang tentu harus mewaspadai penyakit gagal jantung. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik pria ataupun wanita. Walaupun identik terjadi pada kelompok lansia, namun gagal jantung bukan tidak mungkin bisa menyerang siapa saja. Ada berbagai macam cara untuk mencegah terjadinya gagal ginjal. Untuk wanita lansia, berjalan kaki bisa mencegah terjadinya gagal jantung.

Gagal jantung merupakaan keadaan jantung yang tidak bisa memompa darah secara cukup, sehingga akan mengakibatkan penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya keluhan bagi penderita gagal jantung.

Bagi penderita gagal jantung akan mengeluh cepat lelah. Pada kasus gagal jantung tahap awal, kelelahan yang terjadi masih minimal. Namun berjalannya waktu akan semakin berat keadaan gagal jantung pasien. pasien mengeluh lelah hanya dengan melakukan aktivitas sehari-hari yang seharusnya tidak melelahkan. Bahkan, pada keadaan gagal jantung tahap akhir, pasien tidak mampu melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

Dilansir dari laman Medical News Today, baru-baru ini, sebuah studi mengkaji efek jalan kaki pada wanita lansia dan risiko penanganan gagal jantung.  Temuan ini diterbitkan dalam “Journal of American College of Cardiology”.

Dalam penelitian tersebut ditemukan 30 – 45 menit melakukan aktivitas fisik harian bisa menurunkan risiko gagal jantung 9%. Sementara itu, jalan kaki ternyata memiliki korelasi terbalik dengan risiko penyakit tersebut.

Dari berbagai macam aktivitas fisik, berjalan kaki menjadi aktivitas fisik efektif untuk menurunkan risiko terkena gagal jantung terutama untuk lansia.

Comments