Cara Sehat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

121

Bagi wanita yang sedang hamil tentu boleh boleh saja untuk berpuasa, asalkan gizi serta nutrisi untuk ibu dan janis bisa tercukupi. Selain itu, kondisi juga harus benar benar dalam kondisi sehat. Sebab jika tidak sehat, takut kondisi badan malah semakin buruk dan sakit. Jika tidak cukup kuat, tidak apa apa untuk tidak berpuasa untuk ibu hamil.

Pada dasarnya puasa memiliki unsur spiritual yang bisa memberikan ketenangan pada ibu dan janin. Namun di dalam prinsip islam justru memberikan keringangan untuk ibu hamil dan menyusui agar tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Ibu hamil bisa saja untuk berpuasa jika kuat, namun kalau masih di trimester awal dan mengalami mual dan muntah, sebaiknya jangan berpuasa.

Kondisi kehamilan yang tidak disarankan untuk berpuasa antara lain mengalami kehamilan anak kembar, menderita diabetes dan ibu hamil menderita anemia.

Pada masa kehamilan trimester dua, biasanya morning sicknes sudah berlalu dan kondisi tubuh ibu sudah dalam kondisi baik. jika sudah siap, bisa berpuasa pada usia kehamilan ini. Dan ketika berpuasa harus bisa memastikan jika kecukupan gizi harus benar benar terpenuhi. Sebab tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman ketika puasa, dan bisa mengganggu asupan nutrisi ke janin.

Selama kehamilan, kebutuhan kalori ibu hamil perlu ditambah sekitar 300 kalori dari kebutuhan normal yang sekitar 1.800-1.900. untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut, harus bisa dipenuhi ketika berbuka dan sahur. Berikan tambahan porsi protein nabati dan hewani lebih banyak ketika makan.

Comments