Cara Sederhana Melindungi Kulit Dari Polusi Udara

77

Wajah merupakan bagian tubuh yang sangat terbuka sehingga sangat rentan terkena polusi udara yang berdampak buruk untuk kesehatan kulit. Hal tersebut karena polutan udara memiliki dampak yang bisa merugikan kulit termasuk juga radiasi ultaviolet matahari, hidrokarbon polisiklik aromatik, senyawa organik yang mudah menguap.

Dampak dari poluasi udara sangat bervariasi namun yang paling nyata adalah dampak penuaan kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi keriput dan elestisitas kulit menjadi hilang. Selain itu, paparan asap juga bisa menimbulkan kulit menjadi berjerawat dan kekeringan. Dan berikut adalah tips cara mengatasi polusi udara.

  • Menggunakan perlindungan matahari
    Anda bisa menutupi wajah dengan sunscreen spektrum (UVA dan UVB) dengan SPF 30. Lakukan 15-25 menit sebelum anda pergi keluar rumah. Hal tersebut untuk memberikan perlindungan maksimal untuk kulit wajah anda.
  • Rutin membersihkan
    Mengatasi kulit kekeringan yang diakibatkan oleh polusi udara bisa dengan menggunakan pelembab agar menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi yang bisa membantu meminimalisir garis halus dan kerutan. Selain itu, untuk pembersihan ada baiknya untuk menggunakan pembersih yang lembut dan pastikan anda rutin mencuci muka setidaknya dua sampai tiga kali dalam sehari.
  • Mengkonsumsi makanan sehat
    Makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral sangat baik untuk kesehatan kulit. Makanan seperti buah, sayur dan kacang-kacangan biasanya sangat tinggi antioksidan, Vitamin A,C dan E juga merupakan antioksidan kuat. Biasanya terdapat dalam blueberry, stroberi, raspberry, sayuran berdaun hijau, kacang dan kacang.

 

 

Comments