Cara Pencegahan Stunting Pada Anak

Tahukan Anda jika kebutuhan gizi pada bayi itu sudah ada sejak dia masih dalam kandungan? Tahukah Anda, stunting pada anak itu lebih banyak terjadi pada anak yang mempunyai orang tua dengan status ekonomi tahap bawah. Sebelum kita masuk kesitu, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu stunting pada anak karena banyak yang belum paham akan stunting. Stunting sendiri merupakan gangguan pada tumbuh kembangnya anak yang diakibatkan oleh beberapa faktor baik karena gizi yang buruk, emosi sosial tidak layak ataupun karena adanya faktor infeksi.

Bagaimana cara mencegah stunting pada Anak?

Stunting sudah terjadi saat masih berupa janin didalam kandungan. Oleh sebab itu pencegahan awal harus dilakukan saat masih berupa janin. Persiapan dalam kehamilan sangat dibutuhkan disini. Nutrisi ibu hamil harus sudah terpenuhi. Selain itu tablet penambah darah bisa dikonsumsi sang ibu. Hal ini agar bayi disaat lahir tidak menderita anemia sehingga bisa mencegah kelahiran prematur.

Setelah bayi lahir maka hal yang dilakukan adalah memberikan ASI eksklusif sehingga daya tahan tubuh bayi akan bagus. Pemberian imunisasi atau vaksin juga berperan penting mencegah stunting pada anak. Oleh sebab itu Anda sebagai orang tua harus mengetahui jadwa imunisasi sang buah hati. Pemerintah sampai sekarang ini terus menyuarakan untuk menekan tingkat stunting yang ada di Indonesia. Sehingga angka stunting pada anak diharapkan bisa menurun setiap tahunnya sehingga mengurangi angka kematian pada bayi setiap tahunnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.