Cara Mudah Menyikapi Anak Berbohong

Mungkin kita masih ada yang belum mengetahui jika anak berbohong merupakan bagian dari perkembangan anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua perlu mengetahui cara yang jitu untuk menyikapi anak berbohong. Dengan begitu, hubungan antara orang tua dan anak tetap baik baik dan tidak berujung pada emosi yang berlebih. Namun yang perlu diketahui oleh orang tua adalah mengetahui alasan anak berbohong.

Alasan Anak Berbohong

  • Menutupi kesalahan – sama dengan orang dewasa, biasanya anak akan berbohong untuk menutupi kesalahan.
  • Berimajinasi – anak anak sangat gemar berimajinasi. Hal tersebut akan terjadi jika anak berimajinasi dan membawanya berbohong terhadap orang disekitarnya.
  • Ingin diperhatikan – Berbohong juga bisa menjadi salah satu cara anak untuk mencari perhatian orang-orang di sekitarnya.
  • Menyembunyikan Kekurangannya – biasanya anak anak akan berbohong untuk menutupi kekurangnnya. Hal tersebut adalah bagian dari cara anak untuk bisa diterima oleh orang lain.

Menyikapi Anak Berbohong

  • Jangan Langsung Menuduh

Ketika orang tua menaruh curiga jika anak sedang berbohong, ada baiknya jangan langsung emosi dan menuduh tanpa alasan. Hal tersebut hanya akan membuat anak untuk tidak membuka diri atau bahkan jadi takut untuk bercerita.

  • Melakukan evaluasi diri

Yang terpenting adalah menjalin komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Ada baiknya orang tua melakukan evaluasi diri kembali. Lalu hindari sikap yang mungkin menyebabkan anak berbohong.

  • Menjadi Teman

Orang tua bisa menjadi teman yang baik untuk anak. Anda bisa menjadi pendengar yang baik untuk anak, dan akan memudahkan anda untuk mengetahui saat anak berbohong.

  • Mengajari perbedaan

Sebagai orang tua, harus bisa mengajari perbedaan mana yang imajinasi dan kenyataan. Dengan demikian, anak tidak akan merasa bersalah ketika imajinasi menuntut dirinya untuk berbohong.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
10 × 30 =