Bukan Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Terkena Gangguan Kesuburan

48

Di Indonesia masalah gangguan kesuburan masih sangat tinggi. Berdasarkan Survei Demografi dan KesehatanIndonesia (SDKI) pada tahun 2012, pada tahun 2007 ada sekitar 3.7% pria menikah yang mengalami gangguan kesuburan, lalu wanita 1.2%. lalu pada tahun 2012 jumlah pria dan wanita yang mengalami gangguan kesuburan angkanya tidak berbeda jauh yakni pria pada 1.2% dan wanita 1.1%.

Mengacu dari data tersebut,gangguan kesuburan tidak hanya dialami oleh wanita namun rentan juga menyerang pria. Dari hasil tersebut, penderita gangguan keseburuan pria angka presentasenya hampir sama dengan wanita.

Biasanya masalah kesuburan pria terjadi akibat produksi di testis atau kualitas sperma. Yang dimana spermatidak bisa diproduksi jika testis sedang dalam suhu tinggi. Biasanya initerjadi pada pria yang sering terkena suhu tinggi seperti yang sering berendam air panas, sauna, chef yang memasak dekat kompor, pembalap sepeda dan sering menggunakan celana ketat.

Kualitas sperma berasal dari hormon yang terdapat di otak. Otak akan memerintahkan testis untuk menghasilkansperma. Jika otak mengalami tekanan dari luar, sehingga kualitas sperma yang dihasilkan akan buruk.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan gangguan kesuburan pria seperti, menyimpan handphone di kantong celana yang bisa meningkatkan suhu testis, memangku laptop di paha. Radiasi dari benda elektronik tersebut bisa merusak kualitas sperma pria.

Comments