Buah Yang Baik untuk Penderita Diabetes

37

Sebagian orang masih beranggapan jika penderita diabetes dilarang untuk banyak mengkonsumsi buah karena mengandung gula. Perlu diketahui, rasa manis dan unsur glukosa yang terdapat dalam buah-buahan berasal dari gula alami dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh

Selain itu, buah juga sangat layak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena banyak mengandung berbagai zat gizi, seperti vitamin, mineral, dan serat alami yang berperan penting bagi metabolisme tubuh. Selain itu buah juga menjadi sumber karbohidrat yang baik secara kuantitas dibandingkan dengan sayuran.

Dengan indeks gilkemik rendah, buah sangat baik untuk penderita diabetes untuk menaikan kadar gula secara lambat. Dan berikut adalah buah yang baik untuk pendertia diabetes.

Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C. mengkonsumsi satu jeruk sudah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. selain itu, jeruk juga mengandung folat dan kalium yang bisa membantu melancarkan tekanan darah. Buah ini cocok untuk penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalori.

Apel

Sama seperti jeruk, buah apel juga merupakan buah yang rendah kalori dan karbohidrat, mengandung serat dan sumber vitamin C. buah apel sangat baik untuk penderita diabetes. bahkan kulit apel pun mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jambu Biji

Buah yang sering kita jumpai ini memiliki kandungan gizi yang beragam. Jambu biji berukuran sedang mengandung 3 gram serat, 37 kalori, 5 gram karbohidrat, dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Bukan hanya itu, jambu biji juga sangat kaya akan vitamin C, A, magnesium, kalium, dan tembaga yang baik untuk mencegah kerusakan sel tubuh.

Comments