Berenang Menjadi Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Asma

106

Bagi penderita penyakit Asma memang memiliki beberapa pantangan, apalagi jika haru melakukan aktifitas fisik yang cukup berat. Bukan tidak mungkin, akibat aktifitas yang terlalu berat bisa membuat penyakit asma kambuh. Namun bisakah penderita Asma berolahraga untuk mempertahankan kebugaran tubuhnya ?

Penderita Asma bisa melakukan aktifitas fisik seperti olahraga, namun perlu di ingat, penderita tidak bisa melakukan olahraga yang berat yang bisa membuat nafas menjadi tersiksa. Bagi penderita asma bisa memilih olahraga yang memiliki gerakan pelan dan Smooth. Banyak jenis olahraga yang menawarkan gerakan secara pelan.

Menurut Spesialis Respirologi Anak dr Darmawan Budi Setianto, SpA(K) menjelaskan bahwa, penderita asma bisa memilih olahraga reneng. Olahraga air ini bisa menyeimbangkan saluran nafas bawah dan gerakannya pun cukup santai.

Berenang memang sangat bagus untuk penderita asma. Gerakan di dalam air bisa membuat nafas tidak mudah trengah engah. Bukan Cuma berenang, penderita asma juga bisa mencoba olahraga jogging, taichi, yoga, hingga aerobik. Olahraga tersebut, tidak Cuma baik untuk penderita asam namun bisa juga untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Salah satu usaha GERMAS dengan aktivitas fisik
Contoh Gambar Aktivitas Fisik – GERMAS

Berenang menjadi kegiatan menyehatkan tubuh karena termasuk dalam aktivitas fisik, dimana Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promkes sangat merekomendasikan terhadap masyarakat untuk rutin beraktivitas fisik 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik ini merupakan salah satu yang termasuk dalam program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan yaitu Program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Dengan GERMAS masyarakat Indonesia diharapkan dapat lebih sehat lagi dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti asma.

Comments