Benarkah Orang Mendengkur Rentan Sakit

107

apakah anda mendengkur saat tidur. Jika iya, anda kini perlu waspada sebab dalam penelitian yang dilakukan oleh West China Hospital di Sichuan menyebutkan jika ada bahaya dari kebiasaan tidur yang mendengkur.

Dalam penilitan tersebut menemukan jika orang yang mendengkur rentan sakit karena kerusakan DNA. Kerusakan ini bisa membuat sel-sel menua dengan cepat dan meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti kanker.

Temuan ini didapatkan setelah para peneliti mengamati dampak gangguan tidur atau sleep apnea. Dalam penelitian tersebut melibatkan lebih dari 2.600 pasien dan juga data diambil dari 8 studi lainnya yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan adanya kaitan yang signifikan antara mendengkur berat dengan pengurangan panjang telomore. Telomore sendiri adalah bagian ujung dari molekul DNI yang bisa mencegah materi genetik menalami kerusakan. Sehingga mendengkur memiliki tingkat risiko penyakit lebih tinggi

Sehingga nantinya jika telemore mengalami pemendekan, jika mereka yang tidur mendengkur  memiliki risiko terhadap kesehatannya. Sebab kondisi tersebut bisa memicu percepatan proses penuaan dan selain itu juga memiliki risiko yang tinggi mengalami penyakit kronis seperti kanker.

Comments