Benarkah Banyak konsumsi Kafein Bisa Sebabkan Kematian?

64

Kafein sudah melekat bagi tubuh manusia, terutama bagi pecunta kopi. Kafein bukan hanya terdapat pada kopi namun juga pada Soda, Teh dan Minuman Energi. Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan Mood yang sudah sangat populer didunia. Zat tersebut bisa membantu kita tetap terjaga dan juga meningkatkan energi.

Namun walaupun memiliki banyak manfaat, Kafein tetaplah zat yang bisa berbahaya jika di konsumsi secara berlebihan. Sehingga batas aman dalam mengkonsumsi kafein adalah sekitar 400Mg atau setara dengan dua cangkir kopi perhari. Walaupun demikian, jika dikonsumsi secara berlebih memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan.

Beberapa kasus pernah terjadi seperti Kematian akibat overdosis kafein bubuk dan pil sebagai suplemen pelangsing. Selain itu pada tahun 2014 silam pernah terjadi dua orang pria berusia 18 tahun dan 24 tahun di Georgia, mengalami overdosis kafein murni dalam bentuk bubuk. Hal tersebut membuktikan bahwa Produk Konsentrat sangat berbahaya bagi kesehatan. sebab satu sendok kafein murni setara dengan 28 cangkir kopi.

Di Amerika, banyak anak muda yang mengkonsumsi kafein murni berbentuk serbuk yang dijual secara illegal. Karena dipercaya bisa meningkatkan energi. Namun hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. jika sudah keracunan kafein tubuh akan mengeluarkan reaksi detak jantung cepat, berkeringat, kejang, muntah, tremor otot, dan terkadang gagal pernapasan.

Comments