Apakah ada Batasan waktu untuk Mencuci Tangan?? Ini Penjelasannya

95

Mencuci tangan sudah menjadi bagian dari aktifitas sehari hari, sebab mencuci tangan mencerminkan kita memiliki hidup yang sehat. mencuci tangan hal sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena bisa mencegah infeksi dan juga berbagai macam penyebaran penyakit. Lalu berapa lama kita harus mencuci tangan??

Seperti yang sudah dilansir oleh Chief Medical Officer Inggris, Dr Gina Radford, ia menjelaskan bahwa, waktu yang diperlukan untuk mencuci tangan adalah 45 detik, jangan lupa untuk menggunakan sabun saat mencuci tangan. Sebab mencuci tangan dengan waktu dibawah 45 detik dan tidak menggunakan sabun tidak akan memberikan pengaruh terhadap kesehatan. karena kuman dan bakteri yang ada di tangan bisa saja masih hidup.

Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan beberapa kali dalam sehari, sangat baik dilakukan sebelum dan sesudah makan dan saat menggunakan toilet, karena pada waktu waktu ini kuman dan bakteri sangat banyak. dan cuci tangan untuk menghilangkannya.

Cuci tangan sangat baik untuk pencegah infeksi dan penyebaran kuman. Sebab kuman di tangan bisa masuk kedalam mulut, kuman tersebut bisa ada dari apa yang kita pegang, sehingga untuk menghilangkannya dengan cara mencuci tangan hingga bersih dengan sabun.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran sendiri sehingga keluarga dan semua anggota keluarganya bisa menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan sehingga memiliki peran aktif di lingkungan masyarakat. PHBS bisa dilakukan dimana saja termasuk juga dilingkungan kerja atupun lingkungan sekolah.

Tujuan PHBS adalah bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup. Mampu mencegah hingga mengatasi masalah kesehatan dan memanfaatkan pelayanan kesehatan merupakan manfaat PHBS yang sudah bisa dirasakan.

Comments