Ampas Kopi Sebagai Pencegah Kanker dan Kaya Antioksidan

57

Kopi merupakan minuman yang sangat digemari oleh masyarakat hampir diseluruh dunia. Begitu juga di Indonesia, Minuman dengan Caffeine ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat. Banyak berbagai macam jenis kopi yang dikonsumsi dan juga di minum dengan berbagai olahan. Namun bagi penikmat kopi tentu jarang mengkonsumsi Ampas kopi yang biasa mengendeap dibawah cangkir sebab Ampas kopi sangat pait dan cendrung dibuang. Namun ada penelitian yang menghasilkan fakta menarik, yaitu sebaiknya kita jangan membuang ampas kopi karena ampas kopi sangat kaya akan kandungan antoksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sebab sangat berperan dalam memberikan perlindungan dan menangkal segala radikal bebas. Bukan hanya itu, antioksidan juga akan membuat sel tubuh akan tetap dalam kondisi baik sehingga bisa menekan pemicu penyakit kanker. Seperti yang dikutip oleh Agricultural and Food Chemistry , dalam penelitian tersebut kita bisa mengolah ampas kopi dengan baik, kita bisa mendapatkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan jauh lebih baik dari yang ada dalam kopi seduh. Ampas kopi sangat berpotensi untuk dijadikan bahan adiktif makanan yang bisa membuat makanan menjadi lebih sehat untuk tubuh manusia. Karena ampas kopi sangat banyak mengandung antioksidan dan penangkal radikal bebas.

Sebetulnya, Antioksidan memang sudah bisa diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Namun ada juga beberapa antioksidan yang memang seharusnya didapatkan dari berbagai macam makanan termasuk juga dari kopi. Dikutip dari penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, menyebutkan bahwa mereka yang gemar mengkonsumsi kopi memiliki resiko 50% lebih rendah untuk terkena Kanker Rektum, Kanker payudara dan juga kanker Usus karena banyak banyak mendapatkan kadar antioksidan yang tinggi dari kopi. Sehingga mengkonsumsi kopi selain penghilang kantuk bisa juga untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, namun untuk ampas kopi kita bisa mengkonsumsi dengan cara di olah ulang

Comments