Adakah Bahaya Kesehatan Dari Penggunaan Tisu Toilet ?

81

Di beberapa Toilet biasanya sudah disediakan tisu toilet. Tisu toilet menjadi alternatif yang sudah biasa digunakan untuk membersihkan bagian organ intim ketika selesai buang air besar ataupun buang air kecil. Meskipun masih ada beberapa orang yang memilih membersihkan dengan air bersih.

Namun penggunaan tisu toilet ternyata memiliki dampak untuk kesehatan yang tidak baik. menggunakan tisu toilet bisa membuat anda memiliki risiko terkena infeksi. Bukan tanpa sebab, kertas tisu toilet bisa mendatangkan penyakit karena bisa menyebarkan infeksi terutama dibagian organ intim, dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Mengutip laman Thehealthsite, menggunakan tisu atau tisu basah bisa menyebabkan gatal pada baian organ intim, seperti ada yang pernah mengalami gatal pada bagian daerah vagina, Mr P dan anus. Beberapa kasus, ada yang mengalami kemerahan dan alergi pada bagian area tersebut.

Hal tersebut karena adanya bahan pengawet atau parfum yang digunakan dalam produk tisu tersebut. oleh sebab itu, para ahli sangat menganjurkan untuk menghindari menggunakan tisu toilet yang memiliki aroma menyengat, sebab memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Aroma pada tisu karena menggunakan kandungan kimia yang bisa mengubah keseimbangan pH pada area vagina. Dan disetiap perubahan pH vagina bisa memicu pertumbuhan bakteri dan ragi pada area tersebut yang akan menyebabkan infeksi jamur pada area intim wanita.

Penggunaan tisu toilet untuk membersihkan vagina (atau vulva) setelah buang air kecil atau buang air besar bisa menimbulkan iritasi pada vulva. Hal tersebut bisa terjadi juga karena alergi terhadap formaldehid kimiawi, yang ada di kebanyakan tisu toilet, yang menyebabkan iritasi. Tidak hanya itu, penggunaan tisu toilet juga bisa menyebabkan kanker.

 

Comments