4 Tips kenali tanda jajanan anak yang tidak sehat

79

Bagi para guru – guru disekolah harus mengenali tanda jajanan yang kurang sehat agar anak anda agar terhindar dari sakit. Anak anak sering sekali jajan,Terutama jajanan di sekolahan yang belum tentu sehat,banyak sekali jajanan yang dapat membahayakan kesehatan anak –anak  terutaman jajanan di sekolah.

Untuk itu,ada baiknya para orang tua atau pun guru disekolah dapat meningkatkan pemahaman kepada anak anak tentang bahaya jajanan.Dengan menjaga kebersihan kantin dan kalau perlu para guru dapat memberikan materi khusus tentang makanan sehat.

Pusat kajian gizi dan kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menyusun materi edukasi untuk para guru-guru di sekolah sebagai bahan ajar bagi para siswanya termasuk di dalamnya. Berikut 4 tanda jajanan yang tidak sehat.

  1. Warna mencolok
    Jajanan yang berbahaya biasanya memilki warna yang mencolok dan biasanya sangat disukai oleh anak –anak. Padahal,jajanan yang memiliki warna yang mencolok biasanya menggunakan zat pewarna terlalu banyak.
  1. Rasanya sangat tajam
    Dari rasanya,jajanan yang tidak sehat bisa di deteksi dengan rasa yang sangat tajam.Misalnya ,rasanya terlalu asin atau gurih atau bisa juga terlalu manis,hal-hal tersebut merupakan tanda jajanan anak terlalu banyak menggunakan penyedap rasa atau pemanis buatan.
  1. Berbau tidak sedap
    Jajanan yang tidak sehat juga memiliki bau yang yang tidak sedap,Hindarilah jajanan yang sudah berbau
  1. Dibungkus Koran
    Jajanan yang dibungkus dengan Koran biasanya menggunakan Koran bekas.Makanan seharusnya tidak boleh dibungkus dengan bungkusan Koran bekas.

Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. Dengan memberikan materi PHBS kepada anak, tentu anak sudah sadar betapa pentingnya menjalankan pola hidup sehat. Anak-anak yang sudah memahami tentang apa itu PHBS tentu akan menerapkannya ketika berada di lingkungan ataupun menerapkan PHBS disekolah.

Indikator PHBS untuk anak-anak harus udah diberikan dilingkungan keluarga. Sehingga anak-anak bisa menerapkannya ketika berada lingkungan. PHBS memiliki berbagai macam jenis, seperti  makan makanan yang sehat, buang sampah pada tempatnya, tidak jajan sembarangan itu sudah termasuk dalam PHBS.

Comments