3 Teknologi Baru Untuk Dunia Kedokteran diTahun 2017

72

Seiring perkembangan zaman dan bertumbuhnya era digital, sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika sekrang kehidupan sudah mengandalkan teknologi. Banyak hal yang dianggap mustahil namun kini bisa terjadi karena perkembangan teknologi. Beberapa sektor kini sudah memanfaatkan teknologi untuk menunjang segala kehidupannya. Tak terkecuali dunia kedokteran. Sudah sejak lama dunia kedokteran terus berinovasi dengan perkembangan teknologi. Bahkan beberapa rumah sakit didunia sudah memfasilitasi peralatan kesehatan yang modern.

Dilansir dari MIT Technology Review yang mengemukakan bahwa ada 3 terobosan teknologi baru dalam dunia kedokteran. Yang mana menjelaskan bahwa akan ada harapan untuk masa depan bahwa penyakit yang kini belum ada obatnya seperti Kanker, HIV dan penyakit autoimun bisa disembuhkan. Bukan hanya itu saja dalam teknologi masa depan kita bisa melihat komposisi genetik dengan menggunkan smartphone. Berikut ada 3 terobosan baru untuk dunia kedokteran ditahun 2017.

3 Teknologi Baru kedokteran tahun 2017

 

Teknologi Penyembuh Kanker
Bagi setiap manusia penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat ditakutkan dan bisa menjadi momok yang menyeramkan untuk pasien ataupun dokter. Sebab penyakit ini sering kali merenggut nyawa dan masih belum ada obat yang betul betul bisa untuk memusnahkannya. Walaupun tersedia tentu obatnya sangat mahal, dan perlu dikonsumsi dalam waktu panjang sehingga bisa menyebabkan efek samping. Kini peneliti terus berusaha menemukan obat untuk penyakit ini.

Kini ada Cellectis yang merupakan perusahan Bioteknologi asal Francis yang telah bisa menemukan obat yang menjanjikan kesembuhan untuk penderita kanker. Para peneliti di perusahaan ini terus melakukan memodifikasi DNA dari sel limfosit T dan memasukkannya ke dalam tubuh 300 orang pasien kanker. Dari hasil tersebut sebagian pasien mengalami perbaikan. Bukan hanya itu, teknik dengan modifikasi sel darah putihj juga dipercaya bisa menyembuhkan  penyakit HIV, Diabetes dan Lupus.

Mengetahui Genetik melalui Smartphone
Kini kita sudah bisa mengetahui apakah anda menyukai makanan manis, alergi atau apakah anda memiliki penyakit turunan tertentu. Dan kini anda bisa mengetahui nya lewat aplikasi dalam smartphone yang sedang dikembangkan oleh perusahaan Helix. Perusahaan asal Amerika ini segera meluncurkan aplikasi kesehatan untuk smartphone yang nantinya bisa di unduh melalui Apps Store. Aplikasi ini memungkinkan anda melihat resiko kesehatan, karakter dan juga kepribadian.

Modifikasi gen dengan Tanaman
Para peneliti kini mengembangkan tanaman super yang bisa memberikan hasil lebih banyak dari tanaman biasanya. Nantinya akan memanfaatlan teknologi modifikasi gen. beberapa penelitian di Tiongkok telah berhasil menciptakan tanaman gandum yang bisa tahan terhadap hama dan jamur. Selain itu peneliti tersebut telah berhasil menciptakan padi dengan hasil beras yang lebih banyak. Tanaman super dangan modifikasi genetik ini sudah dipastikan sangat aman untuk kesehatan

Comments