3 Rahasia Sederhana Menjaga Jantung Tetap Sehat

36

Saat ini masih banyak orang yang sering menyepelekan penyakit jantung. Perlu diketahui, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Bagi penderitanya akan mengalami serangan jantung mendadak yang mengakibatkan meninggal dunia. Perlu diketahui juga, risiko penyakit jantung akibat keturunan lebih tinggi pada orang-orang yang gaya hidupnya tidak sehat.

Risiko penyakit jantung bisa juga diwariskan oleh kedua orang tua. Ada beberapa jenis penyakit jantung yang bisa diwariskan dalam keluarga, seperti aritmia, kelainan katup jantung, serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung.

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dari keluarga. Kunci utama untuk mencegahnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. disiplin dalam menjalani gaya hidup sehat bisa mencegah peluang terkena penyakit jantung dikemudian hari. Berikut kami berikan beberapa langkah sederhana untuk hidup tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung

Bagi anda yang memiliki keturunan penyakit jantung, cara sederhana pertama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari. Mulai saat ini anda harus sudah mengurangi asupan makanan yang tinggi garam, berlemak, berminyak, berkolesterol tinggi, makanan dan minuman manis, hingga makanan dan minuman prosesan yang berpengawet. Sebagai penggantinya anda bisa banyak mengkonsumsi  buah dan sayuran segar serta kacang dan biji-bijian. Juga, pilihlah sumber makanan berprotein tanpa lemak dan makanan yang tinggi omega-3 seperti ikan salmon dan tuna.

Rutin berolahraga

Orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung, terutama penyakit jantung. Hal tersebut diakibatkan oleh tumpukan lemak yang bisa menghambat kerja jantung mengalirkan darah sehingga akan meningkatkan tekanan darah Hipertensi adalah salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung. Cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik seminggu 3 kali sangat disarankan. Aktivitas fisik bisa dilakukan dengan yang sederhana yaitu jogging.

Rutin cek kesehatan

Lalu selanjutnya adalah anda harus cek kesehatan secara rutin untuk mendeteksi risiko penyakit jantung. Ada beberapa cek kesehatan jantung bagi mereka yang memiliki keturunan penyakit jantung seperti cek tensi, EKG jantung, rontgen jantung, dan USG Jantung. Selain itu, Anda mungkin juga perlu menjalani treadmill test yang dipasang pada EKG jantung untuk memeriksa kondisi jantung ketika sedang melakukan aktivitas fisik

Comments