3 Penyebab Mual Pada Anak Paling Sering Terjadi

Baik orang dewasa ataupun anak pasti pernah merasakan tiba-tiba mual dan hal tersebut sangat mengganggu sekali bahkan bisa menyebabkan muntah. Apalagi jika hal ini terjadi pada anak-anak, ditambah lagi refleks muntah anak kecil masih belum optimal sehingga mereka hanya bisa menangis tanpa bisa mengeluarkan apa yang ada dalam isi perutnya. Lalu apa saja penyebab anak kecil menjadi mual. Berikut kami berikan penjelasannya.

  • Alergi Makanan

Makanan bisa menjadi salah satu penyebab anak-anak merasa mual terlebih lagi jika anak mengalami alergi makanan. Reaksi alergi makanan bisa menimbulkan rasa mual pada anak. Selain mual, anak juga akan mengalami sakit perut bahkan muntah-muntah jika terjadi alergi makanan. Reaksi alergi makanan juga muncul setelah habis makan atau selang beberapa jam setelah makan.

  • Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti diare, muntaber bahkan bisa menyebabkan anak menjadi mual. Hal tersebut karena infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit dan menimbulkan iritasi pada saluran penceranaan. Selain infeksi saluran pencernaan, infeksi virus juga bisa menyerang otak hingga menyebabkan mual dan muntah.

  • Makan Berlebihan

Anak sering kali lupa diri ketika sedang makan terlebih lagi jika mengkonsumsi makanan favoritnya. Makan cepat tergesa-gesa dan porsinya terlalu banyak bisa membuat anak menjadi mual hingga muntah. Hal tersebut karena ukuran lambung anak yang masih kecil sehingga tidak bisa lagi menampung makanan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.