3 Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Jantung Lemah

40

Orang yang di diagnosa memiliki jantung lemah tidak bisa sembarangan untuk berolahraga karena bisa berakibat fatal. Orang yang mempunyai jantung lemah harus memilih jenis olahraga yang tepat agar jantung mereka tidak semakin bermasalah.

Jantung lemah atau yang memiliki nama lain Kardiomiopati merupakan suatu kondisi dimana otot jantung tidak bisa memompa jantung. Terdapat tiga jenis kardiomiopati yaitu kardiomiopati hipertrofi. Kardiomiopati restriktif dan yang paling sering terjadi adalah kardiomiopati dilatasi. Sebab kardiomiopati dilatasi dikenal juga dengan gagal jantung. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh jantung koroner.

Bagi mereka yang memiliki jantung lemah harus tetap berolahraga agar jantung bisa tetap bekerja dengan baik. Terdapat tiga jenis latihan yang dianjurkan, yaitu berkaitan dengan fleksibilitas, kardio, dan latihan kekuatan. Bagi mereka yang memiliki jantung lemah disarankan untuk berolahraga jenis kardio. Jenis latihan ini sangat stabil dan menggunakan kelompok otot besar.

3 jenis olahraga untuk jantung lemah

Jalan Santai

Jalan santai merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan untuk penderita jantung lemah dan tidak berisiko tinggi. Namun dokter menyarankan seorang penderita jantung lemah harus melakukannya secara bertahap.

Berenang

Berenang juga sangat baik untuk mereka yang memiliki jantung lemah sebab intensitasnya tidak begitu tinggi. Namun hal yang perlu diperhatikan sebelum berenang adalah dinginnya air kolam renang. Lalu, tekanan di bawah air juga perlu diperhatikan. Takutnya malah membuat jantung bekerja semakin berat.

Yoga

Olahraga ini bersifa menenangkan dan mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung sehingga bisa memperkuat inti jantung anda. Lakukan olahraga yoga 2 kali dalam seminggu dan lakukan secara rutin.

Comments