3 Jenis Kanker Darah Yang Perlu di Ketahui

31

Mantan Ibu Presiden ke 6 Ani Yudhoyono kini sedang menjalani pengobatan di National University Hospital Singapura, sejak 2 Februari 2019 akibat penyakit kanker darah yang dideritanya. Penyakit yang dialami oleh ibu Ani ini bisa dialami siapa saja tanpa mengenal usia. Melihat data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, kanker darah juga banyak menyerang anak-anak dan diprediksi terus meningkat setiap tahunnya.

Kanker merupakan penyakit yang cukup mematikan. Hampir jutaan orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. kanker darah merupakan penyakit yang  menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang belakang dan kelenjar getah bening. Secara umum, kanker darah juga dikenal sebagai leukemia. Namun ada 3 jenis kanker yang perlu diketahui.

Leukimia

Tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar jenis penyakit ini. kanker darah jenis ini terjadi pada sel darah dimana terjadi pertumbuhan sel darah putih yang abnormal. Kondisi ini terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu leukemia mielositik dan leukemia limfositik. Leukemia mielositik merupakan kanker darah yang melibatkan produksi abnormal sel darah putih myeloid sementara itu leukimia limfositik merupakan kanker darah yang melibatkan produksi abnormal sel darah limfositik.

Limfoma

Penyakit kanker dara Limfoma cukup ganas juga yang dimana berasal dari sel darah putih dan berhubungan langsung dengan sistem limfatik kelenjar getah bening. Dan tentu kita juga sudah tidak asing lagi mendengar kelenjar getah bening.

Mieloma

Mieloma atau dikenal dengan multiple myeloma merupakan jenis kanker yang berasal dari sel plasma. Sel plasma masih masuk dalam bagian sel darah putih yang bekerja membantu tubuh untuk mengatasi infeksi dengan memproduksi antibodi pada tubuh. Sel kanker ini akan menumpuk pada tulang sumsum sehingga akan mengganggu proses produksi antibodi.

Comments