10 Pedoman Gizi Seimbang Untuk Pola Hidup yang Sehat

142

Hidup sehat merupakan salah satu langkah penting agar anda memiliki tubuh yang sehat serta terhindar dari berbagai jenis penyakit. Berbicara mengenai pola hidup sehat memang tak bisa lepas dari gizi seimbang yang akan membuat tubuh anda semakin sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Berkaitan dengan gizi seimbang inilah, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan membuat 10 pedoman gizi seimbang.

Dimana 10 pedoman gizi seimbang tersebut dibuat lebih relevan dengan kondisi kehidupan masyarakat di zaman sekarang ini. Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat melakukan pedoman gizi seimbang tersebut secara mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini akan dijelaskan 10 pedoman gizi seimbang untuk pola hidup sehat yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Biasakan Konsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok
    Seperti yang telah diketahui, nasi dari beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun selain nasi, anda juga bisa mengkonsumsi olahan makanan pokok lain seperti nasi jagung, gandum, singkong, sagu dan lain-lain. Aneka ragam makanan pokok tersebut memiliki kandungan gizi yang hampir sama terutama mengandung banyak karbohidrat.
  2. Batasi Mengkonsumsi Panganan Manis, Asin dan Berlemak
    Pastikan membatasi makanan yang manis, asin dan berlemak sebab jenis makanan tersebut apabila jumlahnya sudah berlebih maka akan tertimbun dan menjadi sumber munculnya penyakit.
  3. Lakukan Aktivitas Fisik yang Cukup dan Pertahankan Berat Badan Ideal
    Agar tubuh lebih sehat dan bugar maka silakan membiasakan diri melakukan aktivitas yang cukup termasuk pula dengan berolahraga secara rutin. Dengan demikian anda tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat namun berat badan menjadi lebih ideal.
  4. Biasakan Mengkonsumsi Lauk Pauk yang Mengandung Protein Tinggi
    Selain makanan pokok, lengkapi pula menu harian anda dengan lauk pauk yang kaya protein untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda.
  5. Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Bersih Mengalir
    Biasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun menggunakan air mengalir sebelum makan atau setelah berkativitas. Hal ini bertujuan agar tangan anda bersih dan bebas dari kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan.
  6. Biasakan Sarapan Pagi
    Sarapan pagi sangatlah penting untuk memberikan makanan pada otak serta energi bagi tubuh sehingga anda lebih bersemangat untuk beraktivitas.
  7. Biasakan Minum Air Putih yang Cukup dan Aman
    Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya minimal 8 gelas perhari. Agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan memperlancar metabolisme di dalam tubuh.
  8. Banyak Makan Sayuran dan Cukup Buah-Buahan
    Lengkapi menu harian anda dengan sayur dan buah karena dua jenis makanan ini banyak mengandung vitamin serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  9. Biasakan Membaca Label pada Kemasan Pangan
    Sebelum membeli dan mengkonsumsi makanan sebaiknya baca label kemasan makanan tersebut untuk mengetahui kandungan gizi serta tanggal kadaluwarsa makanan tersebut.
  10. Syukuri dan Nikmati Aneka Ragam Makanan
    Selalu bersyukur dengan adanya beragam jenis makanan yang bisa anda konsumsi setiap hari sehingga anda bisa menikmatinya setiap hari.

Itulah penjelasan mengenai 10 pedoman gizi seimbang yang bisa anda praktikkan. Dengan Mempraktikkan 10 pedoman gizi seimbang tersebut anda bisa membiasakan diri menjalankan pola hidup sehat sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Menjalankan pola hidup sehat tentu harus diimbangi juga dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.  Membuang sampah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk  hingga menggunakan air bersih untuk mandi, memasak dan minum sudah termasuk kedalam indikator PHBS.

PHBS bisa diterapkan dimana saja termasuk juga PHBS di sekolah, PHBS di lingkungan hingga PHBS di tempat kerja. Manfaat PHBS yang paling utama adalah bisa menciptakan masyarakat yang sehat, yang sadar terhadap kesehatan lingkungan sehingga kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Comments